Kapan Menggunakan Jilbab/Kerudung?


ImageApakah Anda seorang muslimah? Anda baru atau sudah lama menggunakan kerudung?

Kalau iya, tentunya Anda juga harus sudah tahu cara menggunakan jilbab yang benar, dan kapan waktu yang tepat untuk melepas atau memakainya.

Sekedar info, jilbab dan kerudung makna aslinya sebenarnya tidaklah sama. Jilbab adalah sejenis baju yang menutup dari atas ke bawah. Sementara kerudung adalah kain yang menutup kepala. Tapi di Indonesia makna kedua kata ini sudah terlanjur hampir diserupakan. Yaa tak apalah. Yang lebih penting, para muslimah sudah paham dan sudah melakukan cara menutup aurat yang benar.

Panduan besar tentang cara-cara berkerudung ada di dalam Alquran.

Di surat An Nuur (surat ke 24) ayat 31, disebutkan bahwa seorang muslimah harus memakai kain kerudung yang panjangnya hingga menutupi dada. “Dan katakanlah kepada wanita-wanita yang beriman: Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan jangan menampakkan perhiasannya, kecuali yang biasa nampak padanya, dan hendaklan mereka MENUTUP KAIN KERUDUNG KE DADANYA..”

Akhir-akhir ini, banyak muncul kerudung mini yang ternyata tak sampai ke dada dan hanya di bawah leher. Hindarilah itu. Kalau pun memakainya, tutupi lagi dengan kerudung yang lebih besar (artinya kerudung yang kecil jadi tak terlihat, kan? Jadi lebih baik tak usah memakainya).

Lalu kapan memakainya? Apakah hanya saat bersekolah, saat bekerja di kantor? Lalu kalau di rumah kita boleh melepasnya? Patokannya bukan “TEMPAT”, tapi “SIAPA YANG BISA MELIHAT”.

Masih dalam ayat yang sama ternyata sudah dijelaskan,

Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada SUAMI mereka, atau AYAH mereka, atau AYAH SUAMI mereka, atau PUTRA-PUTRA mereka, atau PUTRA-PUTRA SUAMI mereka, atau SAUDARA-SAUDARA LAKI-LAKI mereka, atau PUTRA-PUTRA SAUDARA LAKI-LAKI mereka, atau PUTRA-PUTRA SAUDARA PEREMPUAN mereka, atau WANITA-WANITA MUSLIM, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau ANAK-ANAK YANG BELUM MENGERTI TENTANG AURAT WANITA.” (QS An Nuur: 31)

Ini yang ternyata masih dilupakan oleh sebagian wanita muslimah. Mereka menggunakan kerudung/jilbab hanya pada saat bersekolah, bekerja, atau kondangan, sehingga tercipta pandangan bahwa jilbab adalah pakaian saat suasana “resmi” saja. Sedangkan di rumah, yang “tak resmi”, mereka lalu melepas kerudung itu, dan tetap menerima tamu laki-laki asing (bukan mahrom) selain yang disebutkan dalam ayat itu dalam keadaan tanpa mengenakan kerudung.

Oleh karena itu, penting bagi sebuah keluarga muslim untuk memiliki semacam hijab atau tirai yang membatasi/memisahkan antara ruang keluarga dengan ruang tamu. Adanya hijab atau tirai pemisah bisa memungkinkan wanita muslimah mendapat privasi ketika tak mengenakan kerudung tanpa terlihat laki-laki asing. Bercengkerama dengan keluarga, atau menonton tv, tanpa berkerudung, boleh saja, karena sudah tertutupi dari luar oleh tirai pemisah. Dan ketika ada tamu, mereka bisa memasuki kamar, mengambil kerudung, dan menemui tamu. Tentu bersama mahromnya juga.

wallahu a’lam.

-fadhlijauhari-

4 responses to “Kapan Menggunakan Jilbab/Kerudung?

  1. السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

    Subhanallah,
    بارك الله لك وبارك عليك وجمع بلنكما فى خير

    semoga sakinah, mawaddah wa rahmah.
    (waktu nikahnya beda satu hari, dengan saya)

  2. ++++++++++++++++++++++++++++++++
    Afwan salah ngisi komentar, hehe..
    ++++++++++++++++++++++++++++++++

    Tulisan bagus. gambarnya juga bagus, minta izin untuk save dan buat sample belajar membuat kartun di Inkscape

    jazakalloh khoiron

  3. Ping-balik: Belajar Membuat Kartun dengan Inkscape | Goresan Pena·

TInggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s